PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DUSUN TANAK MALIT UTARA KECAMATAN MASBAGIK LOMBOK TIMUR TAHUN 2020

AULIA, RIZKIANA (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DUSUN TANAK MALIT UTARA KECAMATAN MASBAGIK LOMBOK TIMUR TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
01 SKRIPSI AULIA RIZKIANA (E1F016007).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan permainan ular tangga yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun di Dusun Tanak Malit Utara Kecamatan Masbagik tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada pendapat Borg & Gall. Subjek penelitian ialah anak usia 5-6 tahun di Dusun Tanak Malit Utara Kecamatan Masbagik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan FGD (Focus Group Discussion).Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Penelitian menggunakan tiga tahap pengembangan dengan enam kali pertemuan. Setiap tahap terjadi peningkatan dengan cara memodifikasi alat dan bahan, langkah-langkah main, serta aturan main. Hasil yang diperoleh pada tahap pengembangan I (pertemuan I) memperoleh nilai persentase sebesar (41,6%). terjadi peningkatan di tahap I (pertemuan II) sebesar (50%), pada tahap pengembangan II (pertemuan III)meningkat lagi mencapai(60,4%),pada tahap pengembangan II (pertemuan IV)sebesar (72,9%),di tahap pengembangan III (pertemuan V) sebesar (81,2%), tahap pengembangan III (pertemuan VI atau terakhir) sebesar (91,6%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Permainan ular tangga, berhitung permulaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jan 2021 14:31
Last Modified: 22 Jan 2021 14:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20519

Actions (login required)

View Item View Item