PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LINGKUNGAN RW DERMA BAKTI DESA REMPUNG LOMBOK TIMUR

UTSNANI, QOMARI SP (2020) PENGARUH MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LINGKUNGAN RW DERMA BAKTI DESA REMPUNG LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Utsnani (E1F016079).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di lingkungan RW Derma Bakti Desa Rempung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen bentuk Quasi eksperimen menggunakan desain One-Gruop Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 6 anak. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas mengunakan kolmogorov smirnov, uji Homogenitas menggunakan uji One Way Anova, selanjutnya uji hipotesis menggunakan Paired Sample t-test dengan bantuan SPSS Versi 16. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di lingkungan RW Derma Bakti Desa Rempung sebelum adanya perlakuan dikatakan belum berkembang terlihat dari rata-rata skor keseluruhan pada pretets sebesar 33 dan posttest dengan rata-rata skor keseluruhan sebesar 51 yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas serta uji t dengan hasil uji normalitas pretest sebesar 0, 191 dan nilai posttest sebesar 0, 200 yang keduanya > 0,05 yang berarti kedua data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji Homogeitas menggunakan One Way Anova didapatkan hasil sebesar 0, 107 > 0,05 maka data memiliki varian yang homogen. Setelah data dinyatakan normal dan homogen maka dapat dilanjutkan dengan menggunakan uji hipotesis menggunakan Paired Sample t test terhadap nilai pretest dan posttest dengan hasil Sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 yang menyebabkan Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di lingkungan RW Derma Bakti Desa Rempung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Media Kartu Huruf, Kemampuan Membaca Awal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jan 2021 14:31
Last Modified: 22 Jan 2021 14:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20524

Actions (login required)

View Item View Item