UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENANGANI PERMASALAHAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DI MALAYSIA PADA MASA PEMERINTAHAN JOKO WIDODO (2014-2019)

Sopi, Apriani (2020) UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENANGANI PERMASALAHAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DI MALAYSIA PADA MASA PEMERINTAHAN JOKO WIDODO (2014-2019). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SOFY (FHI UNRAM).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai Upaya Pemerintah indonesia dalam menangani permasalahan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal di Malaysia pada masa Pemerintahan Joko Widodo. Kasus PMI ilegal menjadi kasus yang sangat penting dikarenakan peningkatan kasus setiap tahun yang terjadi di antara negara pengirim dan negara penerima migran. Jenis penelitian ini adalah Diskriptif kualitatif sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka yaitu melalui situs-situs resmi dari organisasi ataupun situs resmi pemerintah, jurnal dan melalui wawancara terhadap pihak yang terkait dalam penelitian seperti wawancara terhadap mantan buruh migran ilegal dan calo buruh migran. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kebijakan yang diambil oleh pemerintah indonesia pada masa Pemerintahan Joko Widodo adalah menerapkan kebijakan transformatif dan kebijakan protektif yaitu kebijakan yang lebih bersifat internal dan ekternal dengan negara penerima PMI khususnya Malaysia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Migran, Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal, legal, Malaysia, Indonesia
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jan 2021 14:30
Last Modified: 22 Jan 2021 14:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20525

Actions (login required)

View Item View Item