PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MUATAN PPKN SISWA KELAS IV SDN PEMEPEK KECAMATAN PRINGGARATA TAHUN AJARAN 2020/2021

MAISAH, ASMAWATI (2020) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MUATAN PPKN SISWA KELAS IV SDN PEMEPEK KECAMATAN PRINGGARATA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MAISAH ASMAWATI (E1E216106).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment guru terhadap motivasi belajar pada muatan PPKn siswa kelas IV SDN Pemepek Kecamatan Pringgarata tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi pada penelitian ini sebanyak 42 siswa, dan sampel pada penelitian ini juga berjumlah 42 siswa, yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengann cara seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik yang digunakan untuk mengambil data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalis menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar pada muatan PPKn siswa secara bersama-sama yang ditunjukkan dengan hasil uji F antar variabel pada taraf signifikansi 5% dengan Fhitung sebesar =3,967 > Ftabel sebesar =3,23. Maka H0 yang diajukan ditolak dan sebaliknya Ha diterima dan menunjukkan pengaruh yang cukup kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci: Pemberian Reward, Punishment dan Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jan 2021 14:30
Last Modified: 22 Jan 2021 14:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20526

Actions (login required)

View Item View Item