Meta-Analisis Implementasi Metode Structured Dyadic Methods (SDM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Tahun Ajaran 2020/2021

YUNITHA, KANINGGA (2020) Meta-Analisis Implementasi Metode Structured Dyadic Methods (SDM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Tahun Ajaran 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis terhadap hasil penelitian terdahulu terkait implementasi metode Structured Dyadic Methods (SDM) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan implementasi metode Structured Dyadic Methods (SDM) berdasarkan analisis hasil penelitian terdahulu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode telaah dokumen berupa jurnal baik jurnal cetak maupun elektronik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari 35 karya tulis dengan rincian 15 artikel dan 20 skripsi. Setelah dilakukan analisis data didapatkan 1Artikel dan 7 Skripsi yang paling sesuai atau relevan. Dasar penetapan artikel dan skripsi yang relevan atau paling sesuai tersebut adalah adanya data sebelum dan sesudah tindakan dalam bentuk skor atau nilai siswa. Berdasarkan analisis perbandingan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan metode Structured Dyadic Methods (SDM) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pembelajaran IPS, dengan nilai peningkatan mulai dari yang terendah 20,67% sampai yang tertinggi 75,24% dengan rata- rata peningkatan 39,57%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Metode Structured Dyadic Methods (SDM) Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jan 2021 14:30
Last Modified: 22 Jan 2021 14:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20528

Actions (login required)

View Item View Item