Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi pada Ranah Afektif di Sekolah Dasar

Setiawan, Heri and Tumardi, Tumardi (2019) Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi pada Ranah Afektif di Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2 (1). pp. 1-12. ISSN 2622-7800

[img] Text (Artikel Heri - Tumardi)
1223 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4kB)
Official URL: http://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.1944

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen kompetensi pada ranah afektif yang valid, reliabel, serta praktis. Instrumen yang dikembangkan berbentuk pedoman observasi untuk guru. Muatan nilai sikap yang dikembangkan yaitu kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, kepedulian sosial, percaya diri, cinta tanah air, kemandirian, dan toleransi. Model pengembangan yang digunakan yaitu model yang dirancang oleh Borg dan Gall dengan langkah sebagai berikut: (1) identifikasi masalah berkaitan dengan produk yang akan dikembangkan; (2) perancangan produk awal; (3) validasi ahli terhadap rancangan produk; (4) revisi produk berdasarkan penilaian dan masukan ahli; (5) uji coba skala terbatas; (6) revisi produk berdasarkan hasil uji coba terbatas; (7) uji coba produk skala luas; dan (8) produk final berdasarkan revisi dari uji coba skala luas,. Subjek coba dalam penelitian ini yaitu ahli asesmen, ahli pendidikan karakter, dan guru kelas III, IV, dan V sekolah dasar. Data penelitian berupa data validasi ahli asesmen, ahli pendidikan karakter, serta data hasil ujicoba pengguna dan uji coba lapangan. Hasil validasi ahli, uji keraktisan produk, dan uji coba lapangan terhadap instrumen asesmen ranah afektif yang dikembangkan masuk kategori sangat valid, reliabel, dan praktis sehingga layak digunakan untuk mendata kompetensi pada ranah afektif siswa sekolah dasar.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): instrumen, asesmen, sekolah dasar, ranah afektif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Heri Setiawan M.Pd
Date Deposited: 22 Jan 2021 14:29
Last Modified: 22 Jan 2021 14:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20542

Actions (login required)

View Item View Item