Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif

Setiawan, Heri and Aji, Styo Mahendra Wasita and Aziz, Abdul (2020) Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5 (2). p. 241. ISSN 2541-4216

[img]
Preview
Text
458-1843-1-PB_3.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif)
458 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (36kB)
Official URL: http://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.458

Abstract

Setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam mengenyam pendidikan, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. Salah satu strategi yang dilakukan pemerintah untuk memberikan layanan pendidikan yang layak kepada semua warganya yaitu melalui implementasi pendidikan inklusif pada semua jenjang pendidikan. Dilapangan, guru merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan inklusif. Metode penulisan artikel ini menggunakan kajian pustaka (literature review). Hasil kajian literatur yang dilakukan merumuskan hasil bahwa guru SD inklusif di masadepan dengan segala kompetensi dan sumber daya yang ada ditantang untuk secara riil memahami karakteristik siswa yang terus berubah seiring laju perkembangan zaman; mampu beradaptasi dan berinovasi melalui kegiatan penelitian sebagai tugas wajib selain mengajar; serta mampu memaksimalkan learning community yang sudah tersedia melalui KKG maupun wadah komunikasi lain agar dapat menjadi guru SD inklusif yang profesional.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Tantangan; guru SD; inklusif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Heri Setiawan M.Pd
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:45
Last Modified: 10 Feb 2021 04:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20548

Actions (login required)

View Item View Item