Puspakerma dalam Ruang Edukatif suatu Kajian Hermeneutika

Lalu, Ahmad Sufyan Khalid (2020) Puspakerma dalam Ruang Edukatif suatu Kajian Hermeneutika. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Lalu Ahmad Sufyan Khalid.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini mengkaji analisis naskah Puspakerma dengan teori Hermeneutika Gadamer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai edukasi yang ada dalam Puspakerma. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka, dokumentasi dan wawancara. Metode penganalisan data menggunakan teori Hermenutika Gadamer dengan tiga sub bagian yang pertama adalah perandaian, kontesktual dan yang terakhir adalah makna baru. Hasil penelitian menunjukan ada dua nilai pendidikan yang terkandung yaitu nilai pendidikan karakter dan kasih sayang dan dari dua nilai tersebut munculah sepuluh sub bab nilai pendidikan yaitu (1) Tolong menolong, (2) Kasih sayang, (3) Kemandirian dan mental, (4) Sopan santun, (5) mencintai sesama mahluk hidup, (6) perjuangan hidup, (7) keberanian, (8), rendah hati, (9) keihlasan, (10), berbakti kepada orang tua.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci : edukasi, perandaian, kontekstual, pendidikan karakter.\
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:21
Last Modified: 01 Feb 2021 06:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20578

Actions (login required)

View Item View Item