PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP PENGELOLAAN OBJEK WISATA AIR TERJUN BENANG KELAMBU DI DESA AIK BERIK KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

RENO, AFWAN (2020) PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP PENGELOLAAN OBJEK WISATA AIR TERJUN BENANG KELAMBU DI DESA AIK BERIK KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RENO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)

Abstract

Ekowisata merupakan kegiatan pariwisata yang bertangung jawab secara lingkungan alam, memberikan kontribusi yang positif terhadap konservasi lingkungan, dan memperhatikan kesejahteraan masyarakat lokal. Konsep ekowisata yang terdiri dari pelestarian lingkungan, peningkatan partisipasi masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal, karena perkembanganya selalu konsisten dengan dua prinsip dasar yaitu memberikan keuntungan ekonomi langsung kepada masyarakat lokal dan turut memberikan andil dalam pelestarian lingkungan. Pengembangan ekowisata memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan, melibatkan masyarakat lokal dan menjaga kelestarian budaya masyarakat. Pengembangan ekowisata yang melibatkan masyarakat sangat penting untuk membuka lapangan kerja, memberikan pemahaman tentang ekowisata dan meningkat kondisi ekonomi masyarakat. Adanya bencana yang terjadi di Pulau Lombok 2 tahun yang lalu dan bencana non alam yaitu covid 19, perkembangan ekowisata perlu ditinjau lagi yang dilakukan oleh pengunjung wisatawan, maka perlu dilakukan persepsi pengunjung tentang pengelolaan air terjun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap pengelolaan objek wisata air terjun benang kelambu. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2020, di desa Aik berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini mengunakan metode deskriptif, mengunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi pustaka dengan variable dan parameter berupa Atraksi: Air Terjun, Flora/fauna, Aksesibilitas: jalan Masuk, transfortasi,Petunjuk Arah, Amenitas: Parkir, Tempat Sampah, Warung, Pusat Informasi, Fotografi, Shelter/Pondok, Toilet, Musholla, kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat persepsi pengunjung terhadap pengelolaan objek wisata air terjun benang kelambu yang berupa variable Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, dan Pengelolaan Kelembagaan, rata rata yang di bantu garis kontinum dikatakan cukup baik dengan hasil 1226.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci; Covid 19, Ekowisata, Deskriptif, Partisipasi, Persepsi.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:21
Last Modified: 01 Feb 2021 06:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20579

Actions (login required)

View Item View Item