PENINGKATAN NILAI MORAL DAN AGAMA MELALUI KEGIATAN PRAKTEK SHALAT PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (STUDI KASUS DI LINGKUNGAN MARONG JAMAK UTARA KELURAHAN KARANG BARU KOTA MATARAM) TAHUN 2020

ANGGI, SILFIA (2020) PENINGKATAN NILAI MORAL DAN AGAMA MELALUI KEGIATAN PRAKTEK SHALAT PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (STUDI KASUS DI LINGKUNGAN MARONG JAMAK UTARA KELURAHAN KARANG BARU KOTA MATARAM) TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANGGI SILFIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya peningkatan nilai moral dan agama Anak Usia 5-6 tahun di Lingkungan Marong Jamak Utara Kelurahan Karang Baru Kota Mataram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan nilai moral dan agama melalui kegiatan praktek shalat pada anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Marong Jamak Utara Kelurahan Karang Baru Kota Mataram Tahun 2020. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subyek dalam penelitian ini berjumlah lima orang anak usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dalam nilai moral dan agama melalui kegiatan praktek shalat pada anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Marong Jamak Utara Kelurahan Karang Baru Kota Mataram Tahun 2020. Hasil penelitian pada pertemuan pertama anak memperoleh nilai persentase rata-rata mencapai (30,14%) sampai dengan (39,70%) kemudian pada pertemuan terakhir terjadi peningkatan dengan memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar (63,97%) sampai dengan (76,47%). Hal ini menunjukan perilaku nilai moral dan agama anak dalam kegiatan praktek shalat mengalami peningkatan dilihat dari nilai akhir masing-masing anak sudah berkembang sesuai harapan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, jika praktek shalat diterapkan dengan baik maka dapat meningkatkan nilai moral dan agama anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Marong Jamak Utara Kelurahan Karang Baru Kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Nilai moral dan agama, Praktek Shalat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:52
Last Modified: 01 Feb 2021 05:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20583

Actions (login required)

View Item View Item