ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PANTUN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VB SDN 5 AMPENAN ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PANTUN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VB SDN 5 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PANTUN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VB SDN 5 AMPENAN

TAQMIRATUL, BANAT (2020) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PANTUN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VB SDN 5 AMPENAN ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PANTUN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VB SDN 5 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PANTUN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VB SDN 5 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Taqmiratul Banat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis pantun pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V.b SDN 5 Ampenan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V.b SDN 5 Ampenan dengan jumlah siswa 31 orang. Data dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis pantun pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V.b SDN 5 Ampenan dengan jumlah 31 pantun. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data di lapangan model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kesesuaian dengan kriteria pantun yang digunakan termasuk kategori cukup dengan rata-rata persentase 66,1%, (2) kemenarikan isi pantun yang digunakan belum tercapai tahap menarik, termasuk kategori cukup dengan rata-rata persentase 58%, (3) kekuatan imajinasi yang digunakan termasuk kategori kurangdengan rata-rata persentase 50%, (4) ketepatan diksi yang digunakan siswa termasuk kategori kurangdengan rata-rata persentase 42,7%, dan (5) ketepatan ejaan yang digunakan siswa termasuk kategori kurangdengan rata-rata persentase 42,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai kemampuan siswa dalam menulis pantun pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V.b SDN 5 Ampenan adalah 51,9% dan masuk pada kategori kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Analisis, Deskriptif, Menulis Pantun.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:52
Last Modified: 01 Feb 2021 05:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20587

Actions (login required)

View Item View Item