PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS II KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

PUTRI, AMALIA IKHSANI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS II KECAMATAN LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Putri Amalia Ikhsani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SDN Gugus II kecamatan Lingsar tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design tipe quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Lingsar yang berjumlah 108 siswa, sedangkan sampel adalah siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Lingsar yang berjumlah 85 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket, semetara instrumen yang digunakan yaitu berupa dokumen hasil belajar IPS dan angket model word square. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model word square terhadap hasil belajar yakni uji normalitas, uji linieritas, dan uji regresi sederhana. Setelah data hasil angket dan hasil belajar diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas dan linieritas didapatkan data berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Setelah melalui uji prasyarat selanjutnya dilakukan uji regresi sederhana dengan hasil diperoleh nilai sig. sebesar 0.000 < 0.05 atau menggunakan perbandingan nilai thitung (3.974) > ttabel (1.988) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SDN Gugus II kecamatan Lingsar tahun pelajaran 2020/2021.”

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Word Square, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:25
Last Modified: 01 Feb 2021 05:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20589

Actions (login required)

View Item View Item