PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE (VCT) TIPE PERCONTOHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKn KELAS IV SDN 3 PERESAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NOVITA, RUKMALA DEWI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE (VCT) TIPE PERCONTOHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKn KELAS IV SDN 3 PERESAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOVITA RUKMALA DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian inidilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Value Clarification Tehnique (VCT) Terhadap Hasil Belajar Muatan PPKn Kelas IV SDN 3 Peresak Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent kontrol group. Pada desain ini sampel yang digunakan ada dua yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tesobjektif pilihan ganda. Hasil uji normalitas data untuk pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan control lebih besar dari 0.05 maka disimpulkan data yang dihasilkan normal. Hasil uji homogenitas varian data pretest posttest sebesar 0.130 dan 0.187 dimana hasil tersebut lebih besar dari 0.05 yang menyatakan bahwa data tersebut homogen. Kemudian tahap uji hipotesis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan antara hasil awal dan akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol. Apabila hasil lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05 maka dipastikan adanya perbedaan kemampuan. Hasil uji hipotesis posttest dari kelas kontrol dan eksperimen sebesar 0.013 menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar muatan PPKn sebelum dan setelah adanya perlakuan. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Value Clarification Tehnique (VCT Tipe Percontohan Terhadap Hasil Belajar Muatan PPKn Kelas IV SDN 3 Peresak Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model pembelajaran Value Clarification Tehnique (VCT), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:24
Last Modified: 01 Feb 2021 05:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20592

Actions (login required)

View Item View Item