PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X IPA SMAN 4 MATARAM

IKA, RARA SAPUTRI KURNIA (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X IPA SMAN 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (IKA KURNIA RARA SAPUTRI-E1M015036).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran penemuan (discovery learning) berbantuan handout terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kimia siswa kelas X IPA SMA Negeri 4 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 4 Mataram yang berjumlah 143 orang dan tersebar dalam 4 kelas IPA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran penemuan (discovery learning) berbantuan handout, sedangkan kelas kontrol diberi perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis berbantuk uraian. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t pada analisis kemampuan berpikir kreatif dengan hasil uji statistik pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (4,850) > ttabel (1,669) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dan uji Mann Whitney U-test pada analisis hasil belajar kimia dengan hasil uji statistik pada taraf signifikan 5% menunjukkan Zhitung (4,13) > Ztabel (1,645) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji statistik kedua kelas sampel menunjukkan bahwa pembelajaran model pembelajaran penemuan (discovery learning) berbantuan handout memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kimia pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 4 Mataram. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pembelajaran model pembelajaran penemuan (discovery learning) berbantuan handout berdampak positif dalam meningkatkan keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran kimia pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 4 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Pembelajaran Model Penemuan (Discovery Learning) berbantuan Handout, Kemampuan berpikir Kreatif, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:24
Last Modified: 01 Feb 2021 05:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20593

Actions (login required)

View Item View Item