PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA MOLYMOD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI MIPA SMAN 1 KOPANG

BAIQ, WULAN DAYANTI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA MOLYMOD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI MIPA SMAN 1 KOPANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ WULAN DAYANTI (E1M015016).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media molymod terhadap hasil belajar siswa pada materi Hidrokarbon kelas XI MIPA SMAN 1 Kopang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dalam bentuk post- test only control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi semua siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kopang. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah dengan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan molymod sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Anova. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menunjukkan Fhitung (2,99) < Ftabel (4,02) yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan nilai signifikansi diperoleh 0,05 < sig. 0,99 yang lebih menguatkan bahwa H0 diterima yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media molymod tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Hidrokarbon.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), molymod, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:24
Last Modified: 01 Feb 2021 05:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20594

Actions (login required)

View Item View Item