PENGARUH ORIENTASI WIRAUSAHA DAN EFEKTIVITAS PROGRAM PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA WARUNG MAKAN DI LINGKUNGAN SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS MATARAM

Neny, Gismayanti (2020) PENGARUH ORIENTASI WIRAUSAHA DAN EFEKTIVITAS PROGRAM PEMASARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA WARUNG MAKAN DI LINGKUNGAN SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NENY GISMAYANTI C1G013160.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah usaha warung makan merupakan salah satu wirausaha yang terus meningkat pertumbuhannya namun terdapat beberapa tantangan dan hambatan yakni salah satunya usaha warung makan belum dikelola dengan baik disebabkan karena keterbatasan SDM serta IPTEK yang mereka miliki. Hal ini mendorong pemilik usaha warung makan untuk mengoptimalkan pengelolaan wirausaha warung makan dengan menerapkan orientasi wirausaha dan efektivitas program pemasaran yang cukup bersaing dalam perkembangan perekonomian masyarakat khususnya di lingkungan sekitar Universitas Mataram. Keberhasilan pengusaha warung makan dalam meningkatkan pertumbuhan usaha warung makan masih sangat tergantung dari kemampuan wirausaha dari pemiliknya. Hanya para pemilik (owner) yang mempunyai orientasi kewirausahaan kuat yang mampu membawa peningkatan bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Orientasi Wirausaha dan Efektivitas Program Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Warung Makan di Lingkungan Sekitar Kampus Universitas Mataram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik Random Sampling. Penentuan daerah sampel dilakukan dengan menggunakan metode non probabilitas dengan teknik purposive sampling serta penentuan responden dengan menggunakan rumus Slovin. Metode Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik menggunakan bantuan perangkat lunak yaitu IBM SPSS. Metode data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Diperoleh regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 0,792 + 0,394 X1 + 0,524 X2 atau kinerja pemasaran/usaha = 0,792 + 0,394 + 0,524 (orientasi wirausaha dan kreatifitas program pemasaran) dan tanda (+) menandakan arah hubungan yang searah, sedangkan tanda (–) menunjukkan arah hubungan yang berbanding terbalik antara variabel independen (X1), (X2) dengan variabel dependen (Y). (2) Nilai tabel coefficients diperoleh nilai sig. sebesar 0,003 dan 0,000 dibandingkan dengan taraf signifikan (α = 5%) atau 0,05 maka: Sig.> α = 0,003 dan 0,000 < 0,05. Karena nilai Sig. > α maka disimpulkan untuk menerima Ha dan menolak Ho. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel orientasi wirausaha X1 dan variabel efektivitas program pemasaran X2 terhadap kinerja pemasaran Y, serta terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran warung makan di lingkungan sekitar kampus Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Orientasi Wirausaha, Efektivitas Program Pemasaran dan Kinerja Pemasaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:24
Last Modified: 01 Feb 2021 05:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20595

Actions (login required)

View Item View Item