UJI DAYA HASIL BEBERAPA POPULASI TANAMAN JAGUNG ( Zea mays L.) HASIL SELEKSI MASSA DENGAN PENGENDALIAN PENYERBUKAN DI LAHAN KERING

Novi, Soleha (2020) UJI DAYA HASIL BEBERAPA POPULASI TANAMAN JAGUNG ( Zea mays L.) HASIL SELEKSI MASSA DENGAN PENGENDALIAN PENYERBUKAN DI LAHAN KERING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOVI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)

Abstract

PenelitianinibertujuanuntukMengetahui daya hasil beberapa populasi hasil seleksi massa dengan pengendalian penyerbukan dan varietas unggul tanaman jagung di lahan kering dan juga untuk Mengetahui keeratan hubungan berbagai karakter dengan daya hasil di lahan kering.Percobaan ini dilaksanakanmenggunakan metode eksperimental yang dilakukan di lapangan,mulaibulanMaretsampaidenganbulan juni 2019 di Dusun Luwuk, Desa Tempos, kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.Rancangan yang digunakan dalam percobaan ini adalah rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 10 perlakuan. Adapun perlakuan-perlakuan tersebut yaitu: P0, P1, P2, P3, P4, P5, P6’ P7, P8, P9.Setiap perlakuan diulang 3 kali sehingga diperoleh 30 unit percobaan.Data hasil pengamatan dianalisa dengan analisis sidik ragam pada taraf nyata 5% menggunakan program CoStat versi 6.3.Model tabel analisis ragamnya mengikuti Rancangan Acak Kelompok. Uji beda nyata jujur digunakan untuk menguji rerata antar perlakuan. Berdasarkan hasil uji analisis sidik ragam bahwa daya hasil varietas Lamuru sama dengan populasi hasil seleksi massa dengan pengendalian penyerbukan siklus kedelapan dan lebih tinggi dibanding populasi awaldan populasi hasil seleksi siklus pertama hingga siklus ketujuh di lahan kering. Daya hasil varietas Lamuru dan populasi siklus kedelapan berturut- turut sebesar 8,89 kg/plot (7,408 /ha)dan 8,63 kg/plot (7,191/ha).Daya hasil tanaman jagung berkorelasi erat dengan jumlah daun per tanaman, umur keluar malai, ASI, panjang tongkol, diameter tongkol, bobot tongkol kering panen dan bobot 1.000 butir biji. .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Jagung, Penyerbukan, Daya hasil
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:24
Last Modified: 01 Feb 2021 05:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20601

Actions (login required)

View Item View Item