EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PERATURAN MENTERI AGRARIA DAN TATA RUANG/KEPALA BADAN PERTANAHAN NASIONAL NOMOR 11 TAHUN 2016 TENTANG PENYELESAIAN KASUS PERTANAHAN ( Studi di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Nusa Tenggara Barat )

BAIQ, TIFFANI YUNITA (2020) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PERATURAN MENTERI AGRARIA DAN TATA RUANG/KEPALA BADAN PERTANAHAN NASIONAL NOMOR 11 TAHUN 2016 TENTANG PENYELESAIAN KASUS PERTANAHAN ( Studi di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Nusa Tenggara Barat ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ TIFFANI YUNITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan pasal 1 sampai dengan pasal 36 Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Penyelesaian Kasus Pertanahan Di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahwa tingkat efekivitas jika ditinjau dari kelima indikator efektivitas hukum yang dikemukakan Soerjono Soekanto, kesimpulannya bahwa belum semua indikator dapat terpenuhi yaitu karena belum maksimalnya peranan dari pelaksana hukum sehingga menyebabkan pelaksanaan pasal 1 sampai dengan pasal 36 peraturan menteri tersebut sampai tahun 2020 hanya dapat diberlakukan terhadap dua kasus saja yaitu dalam hal tanah terjadinya cacat administrasi dalam penerbitan sertifikat pada aset pemerintah dan tanah kawasan hutan, dan untuk tanah hak milik perorangan masih belum dapat diberlakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Penyelesaian Kasus Pertanahan, Cacat Administrasi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Feb 2021 03:14
Last Modified: 02 Feb 2021 03:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20677

Actions (login required)

View Item View Item