KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP RUMAH ADAT BIMA (UMA LENGGE) SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA DI DESA MARIA, KECAMATAN WAWO, BIMA

Nur, Rahmi (2020) KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP RUMAH ADAT BIMA (UMA LENGGE) SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA DI DESA MARIA, KECAMATAN WAWO, BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI REVISI UJIAN 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji Konstruksi Sosial Masyarakat Terhadap Rumah Adat Bima (Uma Lengge) Sebagai Upaya Pelestarian Budaya di Desa Maria, Kecamatan Wawo, Bima. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti konstruksi sosial masyarakat terhadap rumah adat Bima (Uma Lengge), serta upaya yang dilakukan masyarakat dalam melestarikan rumah adat Bima (Uma Lengge) di Desa Maria. Penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger, melalui konsep Eksternalisasi, Objektivasi, dan Internalisasi. melalui Proses Eksternalisasi masyarakat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam lingkungannya, peralihan dari Uma Lengge sebagai rumah tinggal dialihfungsikan sebagai lumbung padi atau tempat wisata, merupakan bentuk dari adaptasi dan menjaga eksistensi dalam kehidupan bermasyarakat. Proses Objektivasi yaitu berinteraksi dengan sosiolokultural yang ada dalam masyarakat. Terdapat Nilai-nilai sosial yang diterapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yaitu nilai gotong-royong, musyawarah, silaturrahmi dan nilai tolong menolong. Serta terdapat norma yang harus dipatuhi oleh masyarakat dan pengunjung, pertama, norma bagi masyarakat yaitu tidak boleh mengambil padi lebih dari satu kali dalam seminggu, serta tidak boleh mengambil padi pada hari selasa dan jum’at karena dianggap pamali. Kedua, norma bagi pengunjung yaitu harus bisa jaga sikap, serta perempuan yang sedang menstruasi tidak boleh menaiki salah satu bangunan Uma Lengge. Melalui Proses Internalisasi, untuk menjaga eksistensi bangunan Uma Lengge, masyarakat berupaya melestarikan Uma Lengge dengan cara mengembangkan fasilitas atau destinasi baru, mengadakan kegiatan festival Uma Lengge, ikut bergotong-royong serta memperkenalkan wisata Uma Lengge kepada teman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Konstruksi Sosial, Uma Lengge, Pelestarian Budaya
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:17
Last Modified: 02 Feb 2021 06:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20682

Actions (login required)

View Item View Item