PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SD KELAS V GUGUS

NISWATUN, HUSNA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SD KELAS V GUGUS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NISWATUN HUSNA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar PPKn SD kelas V Gugus 09 Kecamatan Praya, Tahun Ajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen (experimental research) dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental Design, jenis penelitian menggunakan Nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 09 Kecamatan Praya, Kab. Lombok Tengah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purpisive sampling, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas V SDN Batubangka sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Kekere sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dan tes tulis. Data hasil belajar siswa berupa pretest dan posstest kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dengan uji kolmogrov smirnov, kemudian di uji homogenitas dengan levene’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data kemudian di analisis menggunakan uji sample indenpenden. Diperoleh thitung sebesar 4,575 sedangkan ttabel sebesar 2,014 pada taraf kepercayaan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar PPKn siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH), Hasil Belajar PPKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Feb 2021 02:47
Last Modified: 03 Feb 2021 02:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20689

Actions (login required)

View Item View Item