DINAMIKA GAYA HIDUP MANTAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI DESA BANJAR SARI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

SITI, MAEMUNAH (2021) DINAMIKA GAYA HIDUP MANTAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI DESA BANJAR SARI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI MAEMUNAH L1C014043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul ”Dinamika Gaya Hidup Mantan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Desa Banjarsari Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur” dengan tujuan untuk mengkaji dinamika gaya hidup mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) setelah kembali ke daerah asal serta etos kerja mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) setelah kembali ke daerah asal. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional (rational choice), teori mobilitas sosial dan teori interaksionisme simbolik Metode yang digunakan yaitu kualitatif, dijabarkan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, subjek penelitian tersebut adalah masyarakat Desa Banjarsari keluarga TKI, dan mantan TKI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan utama masyarakat di Desa Banjarsari bekerja sebagai TKI yaitu gaya hidup Tenaga Kerja Indonesia (TKI) menjadi semakin dinamis setelah kembali ke daerah asal. Hal tersebut ditunjukkan dengan perkembangan gaya dalam berpakaian baik para TKI maupun TKW. Umumnya mantan TKI terlihat lebih bergaya modern dibandingkan gaya sebelum menjadi TKI. Ragam, jenis dan kualitas konsumsi untuk makanan juga meningkat. Artinya, setelah kembali para TKI cenderung mengeluarkan pendapatannya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi yang lebih beragam dan lebih lengkap. Perumahan juga mengalami peningkatan kualitas dengan kelengkapan perabotannya. Mantan TKI juga lebih cekatan dari pekerjaan sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Dinamika, Gaya Hidup, Mantan TKI
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Feb 2021 02:47
Last Modified: 03 Feb 2021 02:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20690

Actions (login required)

View Item View Item