PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS II KECAMATAN MADAPANGGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Novi, Nurhandayani (2021) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS II KECAMATAN MADAPANGGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOVI NURHANDAYANI_E1E016104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dalam proses belajarnya, siswa masih memahami suatu konsep melalui apa saja yang dilihat secara nyata atau realistik. Oleh karena itu, seorang guru SD harus kreatif dan inovatif dalam membelajarkan matematika kepada siswa. Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Madapangga tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Gugus II Kecamatan Madapangga. Sampelnya menggunakan teknik cluster random sampling sehingga terpilih SDN Inpres Rade dan SDN Rade sebagai tempat penelitian. Selanjutnya dilaksanakan penelitian pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan rumus Manova. Berdasarkan hasil posttest, diperoleh nilai rata-rata motivasi belajar pada kelas eksperimen sebesar 87, sedangkan kelas kontrol adalah 77. Untuk nilai rata-rata hasil belajar matematika pada kelas eksperimen sebesar 83, sedangkan pada kelas kontrol adalah 74. Jadi kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menghasilkan nilai signifikansi untuk motivasi dan hasil belajar matematika sebesar 0,004. Berdasarkan kriteria pengujian yakni jika nilai signifikansi < taraf signifikan 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Madapangga tahun pelajaran 2020/2021. Siswa lebih aktif dan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pendekatan matematika realistik; motivasi Belajar; hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Feb 2021 02:47
Last Modified: 03 Feb 2021 02:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20693

Actions (login required)

View Item View Item