PENGARUH PENGGUNAAN METODE PAIRED STORY TELLING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN GUGUS 8 KECAMATAN JANAPRIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Sasy, Ahadatul Alawiyah (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PAIRED STORY TELLING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN GUGUS 8 KECAMATAN JANAPRIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SASY AHADATUL ALAWIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Paired Story Telling terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Gugus 8 Kecamatan Janapria Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SDN 2 Bakan yang berjumlah 16 siswa dan kelas IV SDN 1 Selebung yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja. Data keterampilan berbicara dikumpulkan dengan rubrik penilaian keterampilan berbicara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial (uji-t) dengan melewati uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji prasyarat yang telah dilakukan data tersebut dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varian homogen. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test dengan nilai sig`2 tailed sebesar 0.046 lebih kecil dari 0.05 (0.046 ˂ 0.05). Hal ini berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima serta hipotesis nol (H0) ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan metode pembelajaran Paired Story Telling terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 1 Selebung dan SDN 2 Bakan Kecamatan Janapria Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini berarti metode Paired Story Telling dapat digunakan oleh guru dalam proses pengajaran yang berkaitan dengan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Metode Paired Story Telling
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Feb 2021 02:29
Last Modified: 03 Feb 2021 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20695

Actions (login required)

View Item View Item