PENERAPAN KONSEP PEWARNAAN GRAF DALAM PENYUSUNAN JADWAL KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMKN 4 MATARAM

LAILI, GADIS HASANAH (2021) PENERAPAN KONSEP PEWARNAAN GRAF DALAM PENYUSUNAN JADWAL KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMKN 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Laili Gadis Hasanah..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar di SMKN 4 Mataram adalah guru yang sama terjadwal pada waktu yang sama. Konsep pewarnaan graf dapat digunakan untuk mengetahui penyebab timbulnya masalah penjadwalan di SMKN 4 Mataram. Berdasarkan hasil penerapan konsep pewarnaan graf tersebut dihasilkan banyaknya bilangan kromatik adalah 23, dengan jumlah jam pelajaran 46 yang lebih kecil dari 55 yaitu jumlah jam pelajaran yang tersedia di SMKN 4 Mataram. Karena slot bilangan kromatik lebih kecil dari jumlah jam pelajaran di SMKN 4 Mataram, maka diketahui penyebab permasalahan dalam penjadwalan di SMKN 4 Mataram adalah cara penjadwalannya. Salah satu Solusi masalah tersebut adalah menyusun jadwal berdasarkan konsep pewarnaan graf dengan mempetakan 419 Slot mata pelajaran dengan 84 guru pengampu dan 55 Jam pelajaran yang tersebar dari hari Senin- Sabtu. Dalam penerapan konsep pewarnaan graf digunakan algoritma Largest Degree Ordering (LDO), karena langkah algoritma ini lebih sederhana dari algoritma yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Algoritma Largest Degree Ordering (LDO), Pewarnaan graf, Penjadwalan, SMKN 4 Mataram
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Feb 2021 02:48
Last Modified: 03 Feb 2021 02:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20697

Actions (login required)

View Item View Item