LAILI, GADIS HASANAH (2021) PENERAPAN KONSEP PEWARNAAN GRAF DALAM PENYUSUNAN JADWAL KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMKN 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Laili Gadis Hasanah..pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar di SMKN 4 Mataram adalah guru yang sama terjadwal pada waktu yang sama. Konsep pewarnaan graf dapat digunakan untuk mengetahui penyebab timbulnya masalah penjadwalan di SMKN 4 Mataram. Berdasarkan hasil penerapan konsep pewarnaan graf tersebut dihasilkan banyaknya bilangan kromatik adalah 23, dengan jumlah jam pelajaran 46 yang lebih kecil dari 55 yaitu jumlah jam pelajaran yang tersedia di SMKN 4 Mataram. Karena slot bilangan kromatik lebih kecil dari jumlah jam pelajaran di SMKN 4 Mataram, maka diketahui penyebab permasalahan dalam penjadwalan di SMKN 4 Mataram adalah cara penjadwalannya. Salah satu Solusi masalah tersebut adalah menyusun jadwal berdasarkan konsep pewarnaan graf dengan mempetakan 419 Slot mata pelajaran dengan 84 guru pengampu dan 55 Jam pelajaran yang tersebar dari hari Senin- Sabtu. Dalam penerapan konsep pewarnaan graf digunakan algoritma Largest Degree Ordering (LDO), karena langkah algoritma ini lebih sederhana dari algoritma yang lain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Algoritma Largest Degree Ordering (LDO), Pewarnaan graf, Penjadwalan, SMKN 4 Mataram |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 02:48 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 02:48 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20697 |
Actions (login required)
View Item |