ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 13 MATARAM

SINDI, NOPITA AGUSTINA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 13 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SINDI NOPITA AGUSTINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu elemen penting dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya, di SMPN 13 Mataram kemampuan tersebut masih jauh dari harapan, 70% siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah di SMPN 13 Mataram kelas VIII ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif pendekatan kualitatif dengan instrumen penelitian yaitu tes kemampuan pemecahan masalah, angket gaya belajar dan wawancara. Metode pengumpulan data dimulai dari peneliti melakukan observasi ke sekolah, lalu membagikan angket gaya belajar dengan google form yang berisikan 27 butir pertanyaan, lalu tes kemampuan pemecahan masalah yang berisikan 2 masalah dalam bentuk soal uraian, tahap terakhir, peneliti melakukan wawancara kepada 5 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu 28 siswa terdapat siswa dengan 12 siswa kategori gaya visual, 15 siswa auditori dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu dari empat tahapan pemecahan masalah berdasarkan teori Polya, gaya belajar visual mampu menyelesaikan empat tahapan dengan sangat baik. Gaya belajar auditori hanya dapat menyelesaikan 3 tahapan dengan baik dan tidak melakukan tahapan memeriksa kembali. Pada gaya belajar kinestetik hanya dapat menyelesaikan satu masalah dan tidak melakukan tahapan memeriksa kembali. Perbedaan gaya belajar menyebabkan terjadinya perbedaan pemahaman informasi yang diterima dan cara menyelesaikan masalah yang diberikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Belajar, SMPN 13 Mataram
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Feb 2021 02:29
Last Modified: 03 Feb 2021 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20698

Actions (login required)

View Item View Item