PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN DEBAT BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI MIA SMAN 4 PRAYA

Muhammad, Arrizi (2020) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN DEBAT BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI MIA SMAN 4 PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan dan pengaruh literasi digital dengan konvensional terhadap kemampuan debat bahasa indonesia pada kelas XI MIA 7 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 8 sebagai kelas ekperimen di SMAN 4 Praya. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif model eksperimen dengan desain penelitian tes perbandingan dua kelompok statis (Intact-Gruop Comparison). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan tes akhir (posttest) sebanyak dua kali. Tes akhir (posttest) pertama dilakukan di kelas kontrol yang diberikan perlakuan konvensional. Sedangkan tes akhir (posttest) kedua dilakukan di kelas eksperimen yang diberikan perlakuan literasi digital. Analisis data dilakukan dengan mencari rerata Y1 (kelas eksperimen), mencari rerata Y2 (kelas Kontrol), uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan rumus t-tes polled varian menggunakan aplikasi SPSS for windows release versi 23.0 untuk mengetahui apakah ada perbedaan dan pengaruh literasi digital dengan konvensional terhadap kemampuan debat. Berdasarkan hasil tes akhir (posttest), diproleh skor rata-rata kemampuan debat pada kelas eksperimen sebesar 75,38 dan kelas kontrol sebesar 62,38. Hasil pengujian hipotesis diproleh hasil t-hitung sebesar 3.786. Selain itu, nilai t-tabel yang didapatan dari derajat kebebasan (d.k) 18-1 + 18-1= 34 dengan taraf signifikansi 5% (0,05) sebesar 2.032, sehingga t-hitung > t-tabel (3.786 > 2.032). Dengan demikian, hal tersebut menunjukkan bahawa Ha dinyatakan diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan penggunaan literasi digital memiliki perbedaan dan pengaruh yang positif dan signifikansi terhadap kemampuan debat bahasa indonesia pada sisiwa kelas XI MIA SMAN 4 Praya tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Literasi Digital, dan Debat Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Feb 2021 02:48
Last Modified: 03 Feb 2021 02:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20699

Actions (login required)

View Item View Item