PENGARUH PEMBERIAN PUPUK UREA DAN PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KAILAN (Brassica oleraceae var. achepala)

Rena, Amalinda Febriani (2021) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK UREA DAN PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KAILAN (Brassica oleraceae var. achepala). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RENA AMALINDA FEBRIANI (C1M016153).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh pemberian pupuk urea dan pupuk kandang ayam serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Kailan dan untuk menentukan dosis pupuk urea dan pupuk kandang ayam yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman Kailan sehingga diperoleh hasil yang tinggi. Percobaan ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2020 di Desa Tegal, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Rancangan percobaan yang digunakan dalam percobaan ini adalah Rancangan Acak kelompok (RAK) faktorial 3 x 3 dengan metode eksperimental dan diulang sebanyak 3 kali, sehingga tedapat 9 kombinasi perlakuan dan 27 unit percobaan yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor pertama dosis pupuk kandang ayam (P) dengan 3 taraf yaitu: 20 ton/ha (P1), 25 ton/ha (P2), dan 30 ton/ha (P3) yang diberikan seminggu setelah pengolahan lahan. Faktor kedua yaitu dosis pupuk urea (U) dengan 3 taraf yaitu: 0 kg/ha (U0), 37.5 kg/ha (U1), dan 75 kg/ha (U2). Hasil penelitian menunjukkan perlakuan pemberian pupuk kandang ayam terdapat interaksi terhadap laju pertumbuhan diameter batang (cm) dan bobot bersih per petak tanaman Kailan (g). Pada perlakuan pemberian pupuk kandang ayam memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap parameter laju pertumbuhan relatif dan hasil tanaman Kailan yaitu pada laju pertumbuhan tinggi (cm), warna daun umur 1 minggu setelah tanam, serta pada bobot total per petak (g) dan bobot total per tanaman (g), pada perlakuan pemberian pupuk urea menunjukkan bahwa bobot total segar per tanaman memberikan pengaruh yang nyata, namun tidak berbeda nyata terhadap parameter jumlah daun dan warna daun tanaman Kailan umur dua hingga empat minggu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Tanaman Kailan, Pupuk Urea, Pupuk Kandang Ayam.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 01:34
Last Modified: 04 Feb 2021 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20702

Actions (login required)

View Item View Item