META ANALISIS PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Luis, Komala (2021) META ANALISIS PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LUIS KOMALA_E1E016080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis besar efektivitas pengaruh model example non example terhadap pembelajaran IPA. Model penelitian yang digunakan adalah meta-analisis terhadap penelitian-penelitian sebelumnya yang menerapkan pembelajaran model example non example dalam pembelajaran IPA. Penelitian diawali dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpuklkan dengan menelusuri jurnal elektronik melalui Google Cendekia. Dari penelusuran diperoleh 8 artikel ilmiah yang telah dipublikasikan, instrument berupa pemberian kode (coding) dengan berpacu pada kriteria yang sudah ditentukan yakni jenis penelitian yang digunakan ialah eksperimen, jenjang pendidikan sekolah dasar, ditulis oleh mahasiswa atau umum, dan adanya pretest dan posttest. Data dianalisis dengan menggunakan effect size. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan penelitian-penelitian yang dilakukan berpengaruh dan efektif terhadap pembelajaran IPA di sekolah dasar dengan effect size 1,323132 atau dalam kategori sangat besar. Model example non example pun memberikan pengaruh dan efektif dilihat dari tingkatan kelas yakni pada kelas 4,5, dan 6, dan penerapan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan menjelaskan. Simpulan penelitian ini adalah bahwa model example non example memberikan pengaruh yang sangat besar dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Example Non Example, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 00:34
Last Modified: 04 Feb 2021 00:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20705

Actions (login required)

View Item View Item