PENGARUH METODE MEMBACA MANDIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS V SDN GUGUS III KECAMATAN PUJUT

LINDA, PURNAMA SARI (2021) PENGARUH METODE MEMBACA MANDIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS V SDN GUGUS III KECAMATAN PUJUT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LINDA PURNAMA SARI (E1E 216 099).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode membaca mandiri terhadap keterampilan menulis teks narasi siswa kelas V SDN Gugus III kecamatan pujut. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V yang berjumlah 90 siswa. Sampel diperoleh dengan teknik simple random sampling dan sampel pada penelitian ini adalah kelas V SDN Gilik dan kelas V SDN pejeruk. Metode pengumpulan data yang digunkan berupa observasi dan tes tulis Data hasil keterampilan menulis berupa posstest kemudian dianalsisis menggunakan uji normalitas dengan uji kolmogrov-sminorv, kemudian di uji homogenitas dengan levene’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data kemudian di analisis menggunakan uji sample indenpenden. Diperoleh t-hitung sebesar 6,998 sedangkan t-tabel sebesar 2,002 pada taraf signifikan 0,005. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode membaca mandiri terhadap keterampilan menulis teks narasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Keterampilan menulis, metode membaca mandiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 00:33
Last Modified: 04 Feb 2021 00:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20723

Actions (login required)

View Item View Item