LINDA, PURNAMA SARI (2021) PENGARUH METODE MEMBACA MANDIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS V SDN GUGUS III KECAMATAN PUJUT. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI LINDA PURNAMA SARI (E1E 216 099).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode membaca mandiri terhadap keterampilan menulis teks narasi siswa kelas V SDN Gugus III kecamatan pujut. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V yang berjumlah 90 siswa. Sampel diperoleh dengan teknik simple random sampling dan sampel pada penelitian ini adalah kelas V SDN Gilik dan kelas V SDN pejeruk. Metode pengumpulan data yang digunkan berupa observasi dan tes tulis Data hasil keterampilan menulis berupa posstest kemudian dianalsisis menggunakan uji normalitas dengan uji kolmogrov-sminorv, kemudian di uji homogenitas dengan levene’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data kemudian di analisis menggunakan uji sample indenpenden. Diperoleh t-hitung sebesar 6,998 sedangkan t-tabel sebesar 2,002 pada taraf signifikan 0,005. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode membaca mandiri terhadap keterampilan menulis teks narasi siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: Keterampilan menulis, metode membaca mandiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 00:33 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 00:33 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20723 |
Actions (login required)
View Item |