PERUBAHAN KOMPONEN RAGAM GENETIK PADA BEBERAPA SIFAT KUANTITATIF TANAMAN JAGUNG AKIBAT DELAPAN SIKLUS SELEKSI MASSA DENGAN PENGENDALIAN PENYERBUKAN

Dea, Putri Ramdani (2021) PERUBAHAN KOMPONEN RAGAM GENETIK PADA BEBERAPA SIFAT KUANTITATIF TANAMAN JAGUNG AKIBAT DELAPAN SIKLUS SELEKSI MASSA DENGAN PENGENDALIAN PENYERBUKAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEA PUTRI RAMDANI_C1M016028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui besarnya perubahan ragam aditif dan ragam dominan daya hasil dan bobot brangkasan segar akibat delapan siklus seleksi massa dengan pengendalian penyerbukan. Selain itu, ingin diketahui pula heritabilitas arti sempit beberapa sifat pada populasi siklus kedelapan. Percobaan pertama dilakukan dengan rancangan persilangan North Carolina 1 dan percobaan kedua dengan Rancangan Acak Kelompok. Pada percobaan kedua diuji 60 entress hasil persilangan dan diulang 2 kali, sehingga terdapat 120 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan nilai ragam aditif yang bersifat signifikan atau terjadi perubahan secara nyata setelah populasi siklus kedelapan dengan pengendalian penyerbukan terdapat pada sifat tinggi tanaman, diameter batang, bobot brangkasan segar dan bobot biji pertongkol. Sedangkan pada ragam dominan terdapat pada bobot tongkol kering panen dan panjang tongkol. Heritabilitas beberapa sifat tanaman pada populasi siklus kedelapan yang termasuk rendah adalah sifat diameter batang, panjang tongkol, bobot brangkasan segar dan bobot 1000 butir biji. Kategori sedang adalah tinggi tanaman dan diameter tongkol, dan yang termasuk kategori tinggi diantaranya; jumlah daun, bobot tongkol kering panen dan bobot biji per tongkol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ragam aditif, ragam dominan, heritabilitas dan daya hasil.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 00:33
Last Modified: 04 Feb 2021 00:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20724

Actions (login required)

View Item View Item