HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA KELAS 3 SDN GUGUS I KECAMATAN KEDIRI

Wahyu, Tina Astuti (2020) HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA KELAS 3 SDN GUGUS I KECAMATAN KEDIRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WAHYU TINA ASTUTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberian penguatan (Reinforcement) dengan tingkat kedisiplinan siswa kelas 3 SDN di gugus I Kecamatan Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas 3 di SDN Gugus I Kecamatan Kediri sebanyak 101 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan cara pengambilan sampel yaitu simple random sampling, sehingga didapatkan sampelnya 50 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis product moment dari person dengan berbantuan SPSS Versi 18. maka hasil analisis data menunjukkan bahwa diperoleh nilai r sebesar 0,478 artinya korelasi positif, dan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan pemberian penguatan (Reinforcement) dengan tingkat kedisiplinan siswa kelas 3 SDN Gugus I Kecamatan Kediri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pemberian Penguatan (Reinforcement), Kedisiplinan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 03:17
Last Modified: 04 Feb 2021 03:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20728

Actions (login required)

View Item View Item