PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JURANG JALER TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SRI, WAHYUNI (2020) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JURANG JALER TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI WAHYUNI ( E1E216183) FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 01 Jurang Jaler Tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 44 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas IV A dan IV B. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A dijadikan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang dan IV B dijadikan sebagai kelas kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes unjuk kerja yaitu pada tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Berdasarkan tes awal (pre-test) diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 57,8 dan kelas kontrol sebesar 56,9. Setelah diberi perlakuan, yatu tes akhir (post-test) diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 84,0 dan kelas kontrol sebesar 73,7. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil perhitungan thitung sebesar 2,939 sedangkan ttabel sebesar 2,018 yang berarti t hitung (2,939) > t tabel (2,018), maka Ha di terima dan Ho di tolak. Sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 01 Jurang Jaler Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan menggunakan media gambar pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa menjadi lebih baik hal ini karena penggunaan media gambar yang membuat siswa menjadi lebih tertarik dan bersemangat untuk belajar. Keaktifan dalam kegiatan belajar mengajar terjadi pada kedua belah pihak yaitu pada guru dan siswa. Pada tahap selanjutnya diharapkan penggunaan media gambar ini dapat dikembangkan menjadi penelitian yang lebih baik lagi, dan guru bisa mengembangkan media gambar agar lebih bervariasi dan menarik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Media Gambar, Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 01:34
Last Modified: 04 Feb 2021 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20730

Actions (login required)

View Item View Item