1 PENERAPAN PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM SIARAN (P3SPS) PADA RADIO LOKAL (Studi Kasus pada Iklan Pengobatan Alternatif di Radio Sutra FM)

Masitah, Masitah (2021) 1 PENERAPAN PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM SIARAN (P3SPS) PADA RADIO LOKAL (Studi Kasus pada Iklan Pengobatan Alternatif di Radio Sutra FM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Masitah L1B016052 SKRIPSI FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pedoman Perilaku Penyiaran Dan Standar Program Siaran (P3SPS) pada radio lokal (studi kasus pada iklan pengobatan alternatif di radio Sutra FM) serta apa penyebab masih terjadinya pelanggaran siaran dari iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori fungsi media dimana media sebagai industri, dan teori terpaan media yaitu keadaan terkena pada khalayak oleh pesan-pesan yang disebarkan di media massa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Adapun hasil dari penelitian ini adalah ada sebagaian pasal dari P3SPS yang dimana radio Sutra FM tidak mengindahkanya dan sebagian pasal tersebut radio Sutra FM mentaatinya. Adapun dari sisi pelanggaranya adalah radio Sutra FM menyiarkan iklan yang bersifat menyembunyikan, menyesatkan, membingungkan atau membohongi masyarakat tentang kualitas, kinerja, harga sebenarnya, dari produk atau jasa yang diiklankan; Iklan didominasi dengan pelanggaran penggunaan kata-kata superlatif dll. Adapun dari sisi tidak melanggarnya antara lain: radio Sutra FM menyiarkan program siaran iklan yang tidak lebih dari 20% dari waktu siaran perhari dimana hal ini sesuai dengan ketentuan dari P3SPS; radio Sutra FM tidak menyiarkan iklan yang mengandung promosi yang berhubungan dengan ajaran suatu agama atau kelompok yang menyinggung perasaan kelompok lainya; radio Sutra FM tidak mengandung promosi minuman beralkohol atau sejenisnya; dan yang lainya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Iklan Pengobatan Alternatif, P3SPS, Radio Lokal, KPID, Media Sebagai Industri, Teori Terpan Media
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 03:18
Last Modified: 04 Feb 2021 03:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20732

Actions (login required)

View Item View Item