KESADARAN HUKUM MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI C DI DESA LEMBAR KECAMATAN LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

WINDA, LISTARI KAYANTI (2021) KESADARAN HUKUM MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI C DI DESA LEMBAR KECAMATAN LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WINDA LISTARI KAYANTI (E1B116054).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaran hukum masyarakat dalam pembuatan surat izin mengemudi c dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum masyarakat dalam pembuatan surat izin mengemudi c di Desa Lembar Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, Pertama, kesadaran hukum masyarakat dalam pembuatan surat izin mengemudi c di Desa Lembar Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan indikator: rendahnya pengetahuan hukum masyarakat, rendahnya pemahaman hukum masyarakat, rendahnya sikap dan perilaku hukum masyarakat. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum masyarakat dalam pembuatan surat izin mengemudi c yang meliputi faktor masyarakat, faktor penegak hukum, faktor sarana atau fasilitas dan faktor peraturan hukum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesadaran Hukum, Pembuatan Surat Izin Mengemudi C
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 03:19
Last Modified: 04 Feb 2021 03:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20737

Actions (login required)

View Item View Item