IZZATURRAHMAH, IZZATURRAHMAH (2021) PENGARUH METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS III GUGUS III KECAMATAN SEKARBELA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_Izzaturrahmah_E1E215070.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi berbantuan media gambar berseri terhadap hasil belajar IPA Kelas III Gugus III Kecamatan Sekarbela Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan Quasi Experiental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling, salah satu pertimbangan peneliti adalah nilai rata-rata hasil belajar IPA peserta didik sama, yang sebelumnya telah didapatkan melalui placement test. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 58 peserta didik. Data hasil belajar diuji normalitasnya menggunakan rumus kolmogorov smirnov dinyatakan berdistribusi normal kemudian diuji homogenitas menggunakan rumus levene statistic dinyatakan mempunyai varian yang homogen berbantuan SPSS 21 for windows, pengujian tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan dinyatakan homogen. Kemudian diuji hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test diperoleh thitung sebesar 3.172 dan ttabel sebesar 1.013 dengan taraf signifikan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode diskusi berbantuan media gambar berseri terhadap hasil belajar IPA kelas III Gugus III Kecamatan Sekarbela Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: Metode Diskusi, Media Gambar Berseri, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 05:14 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 05:14 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20742 |
Actions (login required)
View Item |