STATUS NUTRISI SAPI BALI CALON PEJANTAN DI BALAI PEMBIBITAN TERNAK DAN HIJAUAN MAKANAN TERNAK SERADING SUMBAWA

SATRIANTI, SATRIANTI (2021) STATUS NUTRISI SAPI BALI CALON PEJANTAN DI BALAI PEMBIBITAN TERNAK DAN HIJAUAN MAKANAN TERNAK SERADING SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SATRIANTI_B1D 016 257.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status nutrisi bahan kering, energi dan protein sapi bali calon pejantan di Balai Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak Serading. Penelitian dengan metode pengamatan langsung ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai September 2020 berlokasi di BPT-HMT Serading, Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa dengan menggunakan 10 ekor sapi Bali jantan muda dengan umur rata-rata 24 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPT-HMT Serading menerapkan sistem pemeliharaan semi intensif pada sapi Bali calon pejantan dengan diberikan pakan utama seperti rumput raja, lamtoro, gamal dan jerami jagung. Selain dikandangkan, ternak juga digembalakan dengan durasi gembala 2-3 jam/hari di padang rumput bintang (African star grass). Rata-rata produksi padang penggembalaan tersebut adalah 9.000 kg/ha/tahun dan dapat menampung 0,3 UT/ha/tahun. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi bahan kering, energi dan protein dari pakan pada sapi bali calon pejantan yang berat rata-ratanya adalah 114 kg dan PBBH 0,08 lebih kecil dibandingkan dengan kebutuhan bahan kering, energi dan protein yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Status nutrisi,Sapi Bali, Calon Pejantan, Bahan kering, Energi, Protein, Semi Intensif, BPT-HMT Serading
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:15
Last Modified: 04 Feb 2021 05:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20743

Actions (login required)

View Item View Item