PURWARUPA MONITORING KETINGGIAN AIR TANDON DAN DETEKSI KEBOCORAN INLET DAN OUTLET PIPA MELALUI ANDROID BERBASIS ARDUINO MEGA 2560

DIRA, PRATIWI (2020) PURWARUPA MONITORING KETINGGIAN AIR TANDON DAN DETEKSI KEBOCORAN INLET DAN OUTLET PIPA MELALUI ANDROID BERBASIS ARDUINO MEGA 2560. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR DIRA PRATIWI (F1B016021).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Air merupakan salah satu unsur yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya. Manusia menggunakan air untuk berbagai keperluan hidup, salah satunya pada rumah tangga yaitu untuk keperluan konsumsi, mandi, mencuci ataupun menyiram tanaman. Kebutuhan air sehari-hari ini ditampung pada tandon dalam jumlah banyak yang dioprasionalkan secara manual dengan saklar on-off dimana memerlukan pengecekan secara berkala pada saat pengisian. Pemantauan melalui android merupakan salah satu cara yang dapat digunkan untuk mengefisienkan tenaga. Pemantauan melalui android mempunyai kemampuan untuk memonitoring level air, mematikan pompa secara otomatis serta mendeteksi apabila terjadi kebocoran pada pipa masukan dan keluaran. Pada penelitian ini digunakan 2 variabel input yaitu data ketinggian air dan data volume air. Sistem pemantauan ketinggian air dan deteksi kebocoran pipa ini menggunakan sensor-sensor seperti sensor jarak HC-SR04 dan sensor water flow YF-S201. Arduino Mega 2560 sebagai mikrokontroler digunakan untuk memproses data yang dihubungkan dengan ESP32 agar terhubung dengan internet, aplikasi Blynk digunakan sebagai platform untuk menampilkan data ketinggian air serta kondisi pipa. Dari hasil pengujian pemantauan ketinggian air didalam tandon sudah berjalan baik dengan persentase kesalahan sebesar 0.29% dan pengujian deteksi kebocoran pipa masukan dan keluaran dapat ditampilkan dengan baik pada aplikasi Blynk.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : sensor jarak HC-SR04, sensor water flow YF-S201, aplikasi Blynk, Arduino Mega 2560, ESP32.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:15
Last Modified: 04 Feb 2021 05:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20745

Actions (login required)

View Item View Item