NILAI-NILAI DIDAKTIS DALAM NOVEL CATATAN JUANG KARYA FIERSA BESARI DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

SISWANTO, ERIWIJAYA M. P. (2021) NILAI-NILAI DIDAKTIS DALAM NOVEL CATATAN JUANG KARYA FIERSA BESARI DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIDAKTIS SISWANTO E.M.P..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam novel Catatan Juang dan bagaimana hubungan nilai-nilai didaktis tersebut dengan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul kemudian diidentifikasi, diklasifikasi, dianalisis dan dideskripsikan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik kepustakaan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kartu data untuk mencatat data tentang nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam novel Catatan Juang karya Fiersa Besari berdasarkan teori pancadharma/lima asas pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai didaktis dalam novel Catatan Juang karya Fiersa Besari dan terdapat hubungan antara nilai-nilai didaktis yang ditemukan dengan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Adapun nilai-nilai didaktis yang ditemukan berdasarkan perspektif pendidikan Dewantara yakni: 1) asas kodrat alam/tertib damai meliputi: setiap manusia tunduk pada hukum alam; kebebasan untuk hidup sesuai dengan kodratnya; dan menciptakan ketertiban dan kedamaian 2) asas kemerdekaan meliputi: manusia yang merdeka batin, pikiran, dan tenaga; kebebasan untuk mengembangkan wawasan yang potensial bagi kehidupan (kemandirian dalam belajar); dan keharmonisan dalam bermasyarakat. 3) asas kebudayaan meliputi: manusia adalah makhluk yang berbudi pekerti; dan memelihara nilai-nilai dan bentuk-bentuk kebudayaan nasional 4) asas kebangsaan meliputi: dengan dasar rasa kemanusiaan, seseorang harus merasa satu dengan bangsanya; dan tidak adanya perbedaan ataupun diskriminasi dalam berbangsa. 5) asas kemanusiaan meliputi: manusia yang beradab dan saling mengasihi; dan persahabat dengan bangsa- bangsa. Sedangkan hubungan nilai-nilai didaktis dalam novel Catatan Juang karya Fiersa Besari dengan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah dengan dimasukkannya novel Catatan Juang sebagai bahan ajar pada kompetensi dasar nomor 3.9 dan 4.9 yakni menganalisis isi dan kebahasaan dalam novel Catatan Juang dan merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Novel, Nilai Didaktis, Lima Asas Pendidikan, Pembelajaran Sastra, SMA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:15
Last Modified: 04 Feb 2021 05:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20746

Actions (login required)

View Item View Item