PENAMBAHAN SARI MELON ( CUCUMIS MELO L) DALAM PENGENCER NATRIUM SITRAT KUNING TELUR AYAM KAMPUNG TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING KACANG PADA SUHU 50 C

SULISTIANINGSIH, SULISTIANINGSIH (2021) PENAMBAHAN SARI MELON ( CUCUMIS MELO L) DALAM PENGENCER NATRIUM SITRAT KUNING TELUR AYAM KAMPUNG TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING KACANG PADA SUHU 50 C. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SULISTIANINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan 2 bulan di tahun 2020. Penelitian dilakukan di Laboratorium Imunobiologi Fakultas MIPA Universitas Mataram. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan sari melon pada pengencer natrium sitrat kuning telur ayam kampung terhadap kualitas spermatozoa kambing kacang dan mengetahui konsentrasi sari melon yang terbaik dalam mempertankan kualitas sperma kambing kacang yang disimpan pada suhu 50 C. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental laboratorium menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan enam kali ulangan. Materi yang digunakan adalah semen kambing kacang yang berumur 2-3 tahun dengan penambahan sari melon sebanyak 0,2 ml; 0,4 ml dan 0,6 ml. Variabel yang diamati yaitu motilitas progresif, viabilitas dan abnormalitas spermatozoa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis varian’s (ANAVA), hasil yang berbeda nyata diuji lanjut dengan uji Duncan’s pada program spss 16. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa spermatozoa kambing kacang dengan konsentrasi terbaik adalah P2 (0,4 ml) dengan motilitas progresif 49±5,05%, viabilitas 69,0±2,19% dan abnormalitas 9,67±1,03% selama penyimpanan 4 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kambing kacang, sari melon, kuning telur, natrium sitrat dan penyimpanan suhu 50 C.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:15
Last Modified: 04 Feb 2021 05:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20750

Actions (login required)

View Item View Item