ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI SDN 2 WAKUL DAN SDN GERINTUK

RESTA, TRIANA (2020) ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI SDN 2 WAKUL DAN SDN GERINTUK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RESTA TRIANA E1E016117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran mind mapping di sekolah, untuk mengetahui kendala penerapan metode pembelajaran mind mapping di sekolah, untuk mengetahui kelebihan penerapan metode pembelajaran mind mapping di sekolah, untuk mengetahui kekurangan penerapan metode pembelajaran mind mapping disekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas tinggi diSDN 2 Wakul dan SDN Gerintuk. Metode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan penerapan metode pembelajaran mind mapping, Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menunjang bukti dari penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan penerapan metode pembelajaran mind mapping sudah berjalan dengan baik. Penerapan yang dilakukakan sesuai dengan pelaksanaan penerapan yang dilakuakan menurut para ahli. Kendala dalam penerapan metode pembelajaran mind mapping yaitu: a) kurangnya persiapan dari guru, b) sulitnya mengarahkan siswa dalam membuat mind mapping, c) kekurangan waktu dalam menjelaskan materi pembelajaran, dan d) siswa kurang tertarik terhadap media. Kelebihan penerapan metode pembelajaran mind mapping yaitu metode pembelajaran mind mapping dapat memudahkan guru saat proses belajar mengajar berlangsung, siswa lebih cepat paham dengan materi yang di pelajar, dan siswa juga lebih aktif. Kekurangan penerapan metode pembelajaran mind mapping adalah; 1) Tidak sepenuhnya siswa belajar, hanya siswa yang aktif yang terlibat, 2) Siswa yang aktif saja yang terlibat dan tidak semua siswa yang belajar, dan 3) Untuk siswa yang kurang aktif jadi tidak terlalu berprtisipasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Metode Pembelajaran Mind Mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Feb 2021 04:33
Last Modified: 05 Feb 2021 04:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20756

Actions (login required)

View Item View Item