ANALISIS NILAI TAMBAH PRODUK KOPI ROBUSTA (Studi Kasus Pada Kelompok Wanita Tani Kaki Rinjani di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah)

AFRIANI, AFRIANI (2021) ANALISIS NILAI TAMBAH PRODUK KOPI ROBUSTA (Studi Kasus Pada Kelompok Wanita Tani Kaki Rinjani di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AFRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pendapatan yang diperoleh pengusaha kopi robusta di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. (2) Untuk mengetahui nilai tambah yang diperoleh pengusaha kopi robusta di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi pengusahan kopi robusta di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan unit analisis dalam penelitian ini adalah Kelompok Wanita Tani Kaki Rinjani di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pendapatan yang di peroleh pengusaha kopi robusta dengan jumlah tertinggi yaitu pada kopi jahe sebesar Rp 1,250,241 per proses produksi dan pendapan per bulan di peroleh sebesar Rp 10,001,928. Sedangkan pendapatan terendah terdapat pada kopi klasik sebesar Rp 251,741 per proses produksi dan untuk pendapatan per bulan sebesar Rp 2,013,928. Nilai tambah yang diperoleh pengusaha kopi robusta robusta dengan jumlah tertinggi yaitu pada kopi coklat sebesar Rp 217,574/Kg bahan baku,- dengan rasio nilai tambah sebesar 82%. Sedangkan nilai tambah terendah yaitu pada kopi klasi sebesar Rp 27,140/Kg bahan baku,- dengan rasio nilai tambah sebesar 81%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Nilai Tambah Produk Kopi Robusta
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Feb 2021 12:08
Last Modified: 05 Feb 2021 12:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20760

Actions (login required)

View Item View Item