HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK TERHADAP ORANG TUA DENGAN KONSEP DIRI ANAK KELAS V SDN GUGUS V KECAMATAN BRANG ENE TAHUN PELAJARAN 2020/2021

YUSRIL, SANI (2021) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK TERHADAP ORANG TUA DENGAN KONSEP DIRI ANAK KELAS V SDN GUGUS V KECAMATAN BRANG ENE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUSRIL SANI NIM E1E216219. SIAP CETAK bismillah-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan komunikasi interpersonal anak terhadap orang tua dengan konsep diri anak kelas V SDN Gugus V Kecamatan Brang Ene. Adanya komunikasi interpersonal yang efektif cendrung membuat konsep diri anak menjadi positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan hubungan komunikasi interpersonal anak terhadap orang tua dengan konsep diri anak kelas V SDN Gugus V Kecamatan Brang Ene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas V di SDN Gugus V Kecamatan Brang Ene sebanyak 60 siswa. Penelitian ini menggunakan Probability Sampling dengan cara pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling, sehinggan didapatkan sampelnya 52 siswa. Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan rumus regresi linear sederhana dengan berbantuan SPSS 18. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 8.694 selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel sebesar 1.675, hasil analisis data dalam penelitian ini dinyatakan Signifikan. Jadi, hubungan komunikasi interpersonal anak terhadap orang tua dan konsep diri anak sebesar 60,2% pada kategori kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara komunikasi interpersonal anak terhadap orang tua dengan konsep diri anak, dan hasil analisis dari masing-masing variabel berada pada kategori kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal Anak Terhadap orang tua, Konsep Diri Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Feb 2021 12:08
Last Modified: 05 Feb 2021 12:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20761

Actions (login required)

View Item View Item