MAYA, FITRIA NINGSIH (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI - MAYA FITRIA NINGSIH.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Mataram tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian kuantitatif kausal komparatif atau ex-post facto. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram sebanyak 251 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik Simple random sampling, diperoleh 39 siswa diambil 4 atau 5 siswa dari setiap kelas secara acak yang tersebar pada 8 kelas di kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan angket kemandirian belajar pada sampel penelitian dan dokumentasi data nilai ulangan tengah semester siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram tahun ajaran 2020/2021 yang diperoleh dari guru mata pelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara kemandirian belajar dan hasil belajar yaitu α = 0,610. Dengan kata lain, korelasinya berada dalam kategori kuat. Besarnya sumbangan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram tahun ajaran 2020/2021 sebesar 37,20% dan ini cukup signifikan pada taraf signifikan 0,05. Hasil ini juga dapat ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 19,187+0,523X dengan Y adalah kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram tahun ajaran 2020/2021 dan X adalah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci : Kemandirian belajar, Hasil Belajar Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 05 Feb 2021 12:08 |
Last Modified: | 05 Feb 2021 12:08 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20764 |
Actions (login required)
View Item |