PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMAN 1 LEMBAR

ARIEF, RAHMAN HAKIM (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMAN 1 LEMBAR. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS ARIEF RAHMAN (I2E016004).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Arief Rahman Hakim, 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sman 1 Lembar. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Mataram di bawah bimbingan Dr. Agus Ramdani, M.Sc sebagai pembimbing I dan Dr. Dadi Setiadi, M.Sc sebagai pembimbing II. Hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif merupakan bagian yang sangat penting dalam proses penentu keberhasilan pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Subjek penelitian ini terdiri dari 60 peserta didik kelas X SMAN 1 Lembar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan mengacu pada model 4D yang diaptasi menjadi model 3D yaitu Define, Design, Develop. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa: (1) perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing memperoleh rata-rata 77,7 dengan kriteria validitas tinggi; (2) perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing memperoleh skor rata-rata 83,5 dengan kriteria praktis; (3) hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing memperoleh peningkatan lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajarkan menggunakan perangkat pembelajaran konvensional memperoleh peningkatan sedang. Kesimpulannya, perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran; Biologi; Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:17
Last Modified: 08 Feb 2021 03:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20781

Actions (login required)

View Item View Item