PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENANAMKAN SIKAP KONSERVASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK

RIZKI, UTARI (2021) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENANAMKAN SIKAP KONSERVASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS FINAL_RIZKI UTARI_I2E018023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul kimia berbasis etnosains yang valid, praktis, dan efektif dalam menanamkan sikap konservasi lingkungan peserta didik. Pengembangan modul kimia menggunakan model 4D dari Thiagararajan, S. Semmel & Semmel yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil pengembangan modul yang divalidasi oleh tim ahli pendidikan kimia Universitas Mataram, selanjutnya dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V yang disesuaikan dengan tabel kriteria hasil validasi. Subyek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA. Uji coba terbatas dilakukan di MAN 2 Lombok Tengah. Hasil validasi menunjukkan komponen modul kimia berbasis etnosains dalam kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan nilai validitas isi sebesar 0.91. Hasil uji coba terbatas menunjukkan respon peserta didik sebesar 3.00 dalam kategori baik dan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 3.10 dalam kategori praktis. Sikap konservasi lingkungan terdiri dari lima aspek yaitu budaya membuang sampah pada tempatnya, ketertiban dan tanggung jawab, rasa ingin tahu, hemat air dan energi, dan santun dengan nilai masing-masing tanggapan sebesar 2.72, 2.82, 3.04, 2.83, dan 2.92 semua dalam kategori baik. Rata-rata nilai sikap konservasi sebesar 2.91 dalam kategori baik. Rata-rata perolehan skor N-gain sebesar 53 dalam kategori sedang dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan tujuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: modul kimia, pembelajaran berbasis etnosains, sikap konservasi lingkungan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:17
Last Modified: 08 Feb 2021 03:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20782

Actions (login required)

View Item View Item