ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION DALAM MEMPREDIKSI NILAI INVESTASI PADA BERBAGAI SEKTOR DI NTB

Anindya, Septy Cahyani (2021) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION DALAM MEMPREDIKSI NILAI INVESTASI PADA BERBAGAI SEKTOR DI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN TA_ANINDYA SEPTY(F1B016014).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebuah perusahaan perlu mendapatkan izin usaha dalam berinvestasi agar usaha yang dilakukan legal. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) merupakan lembaga yang menangani izin berinvestasi bagi perusahaan. Di NTB selama 5 tahun terakhir, tercatat jumlah investasi mengalami naik turun, sehingga perlu dilakukan prediksi agar dapat membuat kebijakan pada perolehan investasi berikutnya. Jaringan syaraf tiruan backpropagation merupakan suatu metode yang sering digunakan untuk prediksi khususnya sampel data besar namun masih memiliki kekurangan pada pemilihan fitur yang sesuai dan solusi yang optimal pada bobot yang digunakan sehingga tingkat prediksi menjadi kurang tinggi, Algoritma PSO yang digunakan untuk menentukan bobot awal Jaringan Syaraf Tiruan backpropagation dapat meningkatkan akurasi dari kinerja JST backpropagation. Hasil penelitian menggunakan algoritma PSO menunjukkan perbaikan kinerja dengan tingkat keakuratan 95.52% dan nilai MSE sebesar 0.0212, sedangkan jika hanya menggunakan metode JST backpropagation didapatkan tingkat akurat 57.69% dan nilai MSE 0.18023 .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Algoritma PSO, investasi, JST backpropagation, MSE dan akurasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Feb 2021 07:20
Last Modified: 08 Feb 2021 07:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20799

Actions (login required)

View Item View Item