PERENCANAAN SISTEM DRAINASE DI KAWASAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT Drainage System Design In Kediri Area West Lombok Distric

Rofiadina, Ardani (2021) PERENCANAAN SISTEM DRAINASE DI KAWASAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT Drainage System Design In Kediri Area West Lombok Distric. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ROFIADINA ARDANI F1A015119.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kecamatan Kediri merupakan salah satu Kecamatan yang diunggulkan sebagai daerah pendidikan di Kabupaten Lombok Barat.Wilayah Kediri merupakan salah satu wilayah yang memiliki permasalahan saluran drainase yang tidak mampu menampung debit banjir akibat limpasan air hujan tepatnya di beberapa wilayah yaitu Desa Kediri Induk dengan meliputi Dusun Desa Kediri, Dusun Kr. Kuripan Barat , Dusun Kr Kuripan Timur, Dusun Kr. Bedil Utara, Dusun Pelowok Barat dan Dusun Pelowok Timur. Genangan yang terjadi ini dapat menggenangi jalan sehingga mengakibatkan terganggunya aktifitas warga bahkan jika intensitas hujan cukup deras dan lama genangan yang ditimbulkan akan lebih parah. Salah satu cara untuk menanggulangi permasalahan genangan tersebut diperlukan penataan sistem drainase yang tepat. Perencanaan ini menggunakan data curah hujan maksimum harian tahunan selama 10 tahun yaitu tahun 2010 sampai tahun 2019. Data yang ada sudah melalui tahap uji konsistensi dengan metode Rescaled Adjusted Partial Sums (RAPS) dan dinyatakan konsisten. Proses perencanaan menggunakan persamaan – persamaan umum untuk perencanaan saluran drainase yang meliputi rumus Monolobe, rumus Manning, dan rumus – rumus lainnya. Sedangkan perhitungan Rencana Anggaran Biaya menggunakan Standar Satuan Harga terbaru 2019. Untuk rencana saluran drainase di Kawasan Desa Kediri menggunakan beton U ditch dengan dimensi 40 x 60 x 120, 50 x 70 x 120, 60 x 80 x 120, dan 120 x 120 x 120 cm. Rencana Anggaran Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan saluran ini sebesar Rp.8.135.000.000 (Delapan Miliyar Seratus Tigga Pulah Lima Juta Rupiah).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Saluran, Drainase, Genangan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Feb 2021 07:20
Last Modified: 08 Feb 2021 07:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20802

Actions (login required)

View Item View Item