PENGARUH PENERAPAN SISTEM ZONASI PENERIMAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) TERHADAP POLA PERGERAKAN PELAJAR DI KOTA MATARAM

ADINDA, ALIFFATUH KINTANI (2021) PENGARUH PENERAPAN SISTEM ZONASI PENERIMAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) TERHADAP POLA PERGERAKAN PELAJAR DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Revisi Adinda A.K (F1A016003).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penerapan sistem zonasi penerimaan siswa sekolah menengah atas negeri (SMAN) dan sekolah menengah pertama negeri (SMPN) merupakan kebijakan pemerintah Nomor 17 Tahun 2017 guna menghasilkan pemerataan siswa sekolah. Adanya sistem zonasi akan mengakibatkan perubahan dari pola pergerakan lalu lintas dan juga berpengaruh yang telah di atur berdasarkan Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaanterhadap kinerja jalan yang berkurang dimana hal ini dapat menjadi gangguan lalu lintas di kota mataram yang memiliki aktivitas perjalanan padat didalam memenuhi mobilitas sehari-hari. Kondisi tersebut jika tidak mendapat penanganan yang tepat, maka dapat menyebabkan tundaan perjalanan dan berpeluang terjadi kemacetan serta persoalan lalu lintas. Tujuan studi ini yaitu untuk dapat mengetahui pola pergerakan lalu lintas yang terjadi setelah adanya sistem zonasi berdasarkan cluster area yang digunakan, kinerja jalan yang memiliki pembebanan paling besar dan faktor pemilihan moda transportasi yang dipilih oleh para pelajar di kota mataram. Data yang dibutuhkan adalah data siswa, alamat siswa dan alat transportasi yang digunakan oleh siswa di kota mataram yang akan dijadikan sebagai data asal- tujuan untuk selanjutnya dijadikan data pembebanan jalan, data siswa di dapatkan dengan melakukan pengumpulan data dari sekolah-sekolah yang ada di kota mataram, data eksisting jalan sebagai bahan untuk menghasilkan tingkat pelayanan dari kinerja jalan tersebut. Berdasarkan hasil analisis pengaruh penerapan sistem zonasi penerimaan siswa sekolah menengah atas negeri (SMAN) dan sekolah menengah pertama negeri (SMPN) terhadap pola pergerakan pelajar di kota Mataram, didapatkan gambaranpola pergerakan pelajar yang lebih merata, untuk kinerja jalan yang memiliki pembebanan paling besar yaitu pada jalan Langko hari senin- kamis 0.408(smp/jam) untuk hari sabtu 0.3902 (smp/jam) dan jalan Prabu Rangkasari pada hari senin-kamis yaitu 1.066 (smp/jam) dan untuk hari sabtu yaitu 0.619 (smp/jam), dengan klasifikasi kelas tingkat pelayanan jalan yaitu jalan Langko hari senin-sabtu (B) pada jalan Prabu Rangkasari hari senin-kamis (C) danhari sabtu (F).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Sistem zonasi, pola pergerakan, kinerja jalan, moda transportasi.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Feb 2021 07:20
Last Modified: 08 Feb 2021 07:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20805

Actions (login required)

View Item View Item