PENERAPAN MANAJEMEN KRISIS OLEH HUMAS PT. AIR MINUM GIRI MENANG (Perseroda) DALAM RANGKA MENJAGA KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Musim Kemarau Bulan Juli-Oktober 2019)

NISWATURRAHMI, NISWATURRAHMI (2021) PENERAPAN MANAJEMEN KRISIS OLEH HUMAS PT. AIR MINUM GIRI MENANG (Perseroda) DALAM RANGKA MENJAGA KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Musim Kemarau Bulan Juli-Oktober 2019). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NISWATURRAHMI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peristiwa kekeringan banyak terjadi di wilayah Indonesia pada saat musim kemarau yang berlangsung pada bulan April hingga Oktober 2019. PT. Air Minum Giri Menang (Perseroda) yang merupakan perusahaan layanan penyedia air juga merasakan dampak dari kekeringan ini yaitu krisis volume produksi air selama musim kemarau ini sangat kurang dari rata-rata. Hal ini menimbulkan keluhan di masyarakat Dan merasa kurang puas dengan pelayanan PT. Air Minum Giri Menang (Perseroda). Maka peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan manajemen krisis oleh Humas PT. Air Minum Giri Menang (Perseroda) dalam menjaga kepuasan pelanggan ketika musim kemarau. Penelitian ini merupakan penelitian dekskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data serta teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan langkah-langkah Humas PT. Air Minum Giri Menang (Perseroda) mengelola manajemen krisis dalam menjaga kepuasan pelanggan yaitu mengidentifikasi krisis melalui keluhan pelanggan, kemudian dianalisis opini atau berita yang berkembang di masyarakat, mengisolasi krisis dengan cara tidak menutup informasi terhadap media maupun pelanggan, menjawab langsung semua keluhan dari pelanggan melalui Cutomer Service. Humas PT. Air Minum Giri Menangmemanfaatkan sumur bor dengan tujuan menjaga kepuasan pelanggan. Tidak dipungkiri keluhan pelanggan masih ada namun di samping itu pihak PT. Air Minum Giri Menang (Perseroda) selalu berupaya melayani pelanggan dengan optimal seperti perawatan, pengecekan, perbaikan yang direalisasikan setiap bulan. Tercapainya pengelolaan manajemen krisis harus di dukungan dengan komunikasi. Bentuk komunikasi yang diterapkan adalah komunikasi interpersonal, komunikasi massa dan komunikasi organisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Manajemen, krisis, air minum, kepuasan, pelanggan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 02:41
Last Modified: 10 Feb 2021 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20818

Actions (login required)

View Item View Item