RESPON TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) TERHADAP BERBAGA KONSENTRASI DAN FREKUENSI PEMBERIAN PUPUK DAUN GANDASIL B PADA SISTEM HIDROPONIK

Uswatun, Hasanah (2021) RESPON TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) TERHADAP BERBAGA KONSENTRASI DAN FREKUENSI PEMBERIAN PUPUK DAUN GANDASIL B PADA SISTEM HIDROPONIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-C1M016180.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari respon pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit terhadap berbagai konsentrasi dan frekuensi pemberian pupuk daun Gandasil B yang berbeda serta interaksinya pada system hidroponik. Percobaan dilaksanakan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dua faktor. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah konsentrasi pupuk daun Gandasil B (k) dengan tiga aras perlakuan yaitu; 1 g/l air (k1), 3 g/l air (k2), 5 g/l air (k3), dan frekuensi penyemprotan pupuk daun Gandasil B (f) dengan tiga perlakuan yaitu 7 hari sekali (f1), 10 hari sekali (f2), dan 15 hari sekali (f3). Kombinasi kedua faktor tersebut menghasilkan 9 interaksi perlakuan dengan enam ulangan sehingga dipersiapkan 54 unit percobaan menggunakan polibag dengan media tanam campuran arang sekam dengan cocopeat (2:1, v/v) dan pemberian pupuk NPK Mutiara 3,7 g/l air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman cabai merespon interaksi perlakuan konsentrasi dan frekuensi aplikasi pupuk daun Gandasil B secara berbeda nyata pada parameter jumlah daun, biomassa basah dan biomassa kering tanaman, namun tidak berbeda nyata pada parameter tinggi tanaman, jumlah cabang, umur berbunga, umur panen dan hasil tanaman cabai. Pertumbuhan terbaik diperoleh dari interaksi antara konsentrasi 3 g/l air yang diaplikasikan ke tanaman 10 hari sekali. Tanaman cabai rawit merespon konsentrasi pupuk daun Gandasil B secara tidak berbeda nyata pada parameter pertumbuhan dan hasil. Respon tanaman cabai rawit terhadap frekuensi aplikasi pupuk Gandasil B tidak berbeda nyata, baik pada pertumbuhan dan perkembangan maupun hasil tanaman pada sistem hidroponik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Cabai rawit, pupuk daun, hidroponik, konsentrasi, frekuensi.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 02:41
Last Modified: 10 Feb 2021 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20819

Actions (login required)

View Item View Item